Membuat Sari Buah Strawberry yang Prakti

1) Sari buah encer yang bisa langsung diminum, yaitu cairan buah yang diperoleh dari pemersan buah, lalu dilanjutkan dengan penambahan air serta gula pasir.

2) Sari buah pekat / Sirup, adalah cairan yang diperoleh dari pengepresan buah kemudian diteruskan dengan proses pemekatan, bisa dengan proses pemanasan biasa atau dengan cara lain semisal penguapan dan lainya.

Sirup ini tidak dapat langsung dikonsumsi, tetapi harus dicampur dulu dengan air putih. Buah-buahan yang kerap diolah menjadi sari buah atau sirup yaitu : asam, jahe , nangka, markisa, kueni, tomat, wortel, sirsak, mangga, jambu biji, pisang, pala semua jenis jeruk, dan lain-lain. Sari buah atau sirup buah mampu tahan selama sekitar tiga bulan.

Bahan yang Diperlukan
1) Buah yang Masih Segar : 5 kg

2) Gula pasir kusus bagi sirup 1 ¼ kilo gram : 125 gram

3) Asam sitrat : 3 gram / liter sari buah

4) Natrium benzoat : 1 gr

Baca juga  Cara Membuat Tepung Beras Mudah dan Sederhana
5) Garam : 20 gr

6) Air putih secukupnya

Alat yang Digunakan
1) Pisau buah

2) Panci

3) Alat Parutan kelapa

4) Pengaduk

5) Tungku atau kompor

6) Botol dan tutup yang telah disterilkan

7) Kain saring atau kain blacu

8) Corong

9) Baskom

CARA MEMBUATNYA
1) Gunakan buah yang sudah tua, segar dan matang selanjutnya bersihkan dengan air;

2) Irislah buah sampai menjadi beberapa bagian;

3) Parut buah sampai menjadi bubur; * Kemudian peras airnya

4) Tambahkan gula pasir, air, natrium benzoate, asam sitrat dan garam dapur. Perbandingan sari buah dengan air adalah seperti berikut :

– Buah jeruk (untuk 1 liter sari buah campur dengan 1 ½ liter air)

5). Aduk sampai rata. Berikutnya pengerjaan pengolahan sari buah (6-9) :

6) Saring campuran tersebut menggunakan saringan;

7) Masukkan hasil penyaringan ke dalam botol dan tutup rapat. Endapan dari hasil saringan bisa diolah untuk bahan pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain-lain;

8) Masukkan wadah yang sudah ditutup rapat dalam air mendidih kurang lebih 30 menit;

9) Angkat botol tersebut dan segera dinginkan.

Pilihlah berbagai macam strawberry, dan proses masing-masing secara terpisah, kemudian gabungkan minuman jusnya untuk membuat rasa yang bervariasi kemudian lihat perbedaan warna yang diperoleh dengan buah strawberry kekuningan, hijau, dan merah.

Olah strawberry dengan cara merata dan peras seluruh cairan dan sarinya dengan kain tipis agar bisa menghasilkan semua sari dengan nutrisi dari buah. Beberapa ampas atau padatan akan lolos melalui kain tipis, dan jus akan tampak keruh.

Untuk pembuatan sari strawberry dalam ukuran besar, Anda bisa memiliki alat pemeras sari buah strawberry.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-sari-buah-strawberry/
https://ramesia.com

Membuat Capcay Cah yang Menggugah Selera


Selain itu, cap cay juga dapat dimasak menjadi berbagai macam hidangan makanan keseharian terutama dibuat menjadi sop kuah yang gurih. Dilengkapi berbagai rempah-rempah yang membuat sehat, kuliner ini tentu akan meningkatkan gairah makan Anda kembali tergugah. Baik dengan cara digoreng maupun dengan cara diberi kuah, cap cay sama-sama lezatnya.

Capcay, cap cay atau capcai merupakan salah satu menu masakan yang berawal dari adat warga Tionghoa. Istilah capcay sendiri berarti sepuluh sayur, namun tidak berarti kita mesti menggunakan 10 jenis sayuran saat memasak capcay. Sederhananya, capcay bisa diartikan sebagai masakan yang menggunakan banyak varian sayuran sebagai bahan utamanya.

Cap cay yang akan kita bahas kali ini ialah jenis capcay cah. Sebetulnya, resep capcay cah tidak jauh berbeda dengan cap cay jenis lainnya karena semua jenis capcay menambahkan banyak sayuran, & yang membedakan hanyalah proses pembuatannya. Sesuai namanya, proses membuat berbagai varian sayuran ini bisa dimasak memakai kuah atau dapat juga ditumis dengan air secukupnya.

Ketika membuat capcay, sekali lagi tidak ada resep yang pasti & tidak harus menambahkan 10 jenis sayuran. Seperti biasanya, bahan-bahan pokok capcay cah antara lain adalah: buncis, kembang kol, sawi hijau, cai sim, kapri, jamir kuping segar, jagung muda dan lain sebagainya. Resep capcay cah tidak mengharuskan jumlah atau macam-macam sayuran, semua kembali pada selera dan ketersediaan sayurannya.

Baca juga  Modal Dalam Usaha Jual Popcorn dan Cara Pembuatannya
Contents [hide]

1 Resep Capcay Cah Lezat dan Praktis
2 Bahan-bahan Pokok Resep Capcay Cah
3 Bumbu – Bumbu
4 Cara Membuat Capcay Cah
Resep Capcay Cah Lezat dan Praktis
Di saat memasak capcay, yang sebaiknya kita perhatikan ialah tekstur sayuran supaya tidak terlalu layu. Seandainya terlalu lembek, maka nilai gizi yang ada didalamnya akan berkurang dan warna capcay juga menjadi kurang cantik. Panaskan beberapa saat namun jangan sampai terlalu lama dan terlalu matang. Usahakan sebelum memasak, pastikan semua sayuran sudah dicuci bersih demi menjaga kebersihannya.

Bahan-bahan Pokok Resep Capcay Cah
5 potong jagung muda.
5 bh kembang kol, belah dua
5 buah brokoli, belah dua
5 btg buncis, iris serong dengan pisau
1 batang wortel, iris tipis
6 bh jamur kancing segar, belah dua
6 btr bakso sapi, iris
6 ekor udang laut kupas
10 buah kapri muda segar, iris serong
1 buah caisim, potong yang sedang-sedang
1 bh swai hijau, iris sedang

Comments

Popular Posts